JNGGA

Rabu, 11 September 2019

"Lagu Untuk Renjana" by Aura & Faisal Syahreza




Judul                            : Lagu Untuk Renjana
Penulis                         : Aura Kasih dan Faisal Syahreza
Penerbit                       : The Panas Dalam Publishing
ISBN                           : 978 – 602 – 52576 – 4 – 3
200 hlmn
Rate                             : 4/5

Sinopsis:
“Dialah Gabian, seorang musisi keturunan Indonesia Timur. Tak seperti biasanya, sebuah lagu entah kenapa seolah sulit dia selesaikan, tidak seperti lagu-lagu lainnya. Berbulan-bulan lagu itu tersimpan rapi dalam buku catatan yang selalu dibawanya.
Suatu ketika, Nana hadir dan mengisi sudut lain hati Gabian yang sulit ditembus gadis lain. Gadis enerjik dari keluarga berkecukupan yang memiliki gagasan-gagasan liar soal kehidupan.
Pertemuan yang tak pernah direncanakan, kencan yang berujung diskusi-diskusi panjang tentang kehidupan menjadi perayaan yang selalu menyenangkan. Mereka tak pernah perduli kapan sepakat jadi sepasang kekasih, yang mereka percaya, cinta telah menguasai dengan caranya yang penuh rahasia.
Gabian tidak pernah tau Nana menyembunyikan sesuatu di balik keliaran pikiran yang telah membuat Gabian jatuh hati. Apakah Gabian mampu menyelesaikan lagunya yang lama mengendap setelah Nana mengisi sunyi sudut hatinya?
Sedangkan lagu cinta yang asli, sekali mendengarnya, maka hati kita berkali-kali menyanyikannya.”
(dikutip dari Instagram penulis @Faisal_syahreza & @aurakasih)

Novel Lagu Untuk Renjana merupakan novel kolaborasi antara penyanyi Aura Kasih dan penulis Faisal Syahreza. Konon, novel ini ditulis berdasarkan inspirasi dari lagu Renjana karya Glenn Fredly.
Dibuka dengan idealisme-idealisme seorang musisi, saya rasa novel ini bukan sekadar novel yang bercerita soal cinta saja, didalamnya, diceritakan juga tentang rasa nasionalisme, juga kemanusiaan antar umat beragama.
Diceritakan seorang pendemo yang sedang memperjuangkan haknya sebagai seorang musisi di halaman gedung DPR, pertemuan Gabian dan Nana terbilang unik. Walau memang rasanya seperti kisah dalam sinetron, namun penulis mampu mengemas dan membawa rasa penasaran pembaca untuk terjun lebih dalam ke dalam cerita mereka.
Jalan cerita juga kisah yang dihadirkan pada novel ini sebenarnya sangat sederhana dan klasik, namun dengan kesederhanaan itulah yang membuat jalan ceritanya menjadi hidup dan terasa nyata. Idealisme-idealisme seorang Gabian dan Nana cukup memuaskan untuk saya dengan dibumbui sentilan-sentilan jeritan hati seorang musisi. Mungkinkah idealisme-idealisme yang dihadirkan dalam novel ini, khususnya mengenai idealisme seorang musisi ditulis untuk menyentil kasus RUU Permusikan yang sempat viral beberapa waktu silam? Jawaban saya, ya mungkin saja. Karena beberapa argumen mengarah pada hal itu.  
Konflik yang dihadirkan saya rasa cukup berat yakni percintaan beda agama juga restu dari orang tua dimana status sosial sangat ditekankan dalam cerita ini. Penulis mampu mengemasnya secara rapi. Dengan tidak menyinggung antar umat beragama lain juga tidak membela agama yang satu. Semuanya serba seimbang, semuanya serba pas untuk ukuran sebuah tulisan.
Saya tidak akan membicarakan alur atau pun diksi, karena dua hal itu sudah cukup membuat saya puas. Begitupun dengan kutipan-kutipan yang terdapat dalam novel ini.
Kesimpulannya adalah novel ini bukan hanya menceritakan tentang romantisme belaka, tetapi novel ini pun menceritakan humanisme. Bukan hanya berisi soal cinta terhadap pasangan, namun novel ini berisi tentang cinta kepada makhluk juga cinta kepada Tuhan. Bagaimana cara kita bisa menghargai perbedaan, bagaimana kita bisa menghormati perbedaan terutama perbedaan antar umat beragama yang saat ini sedang ramai dibicarakan. Juga bercerita bagaimana status sosial juga jabatan tidak menjamin manusia bahagia, tidak menjamin manusia menjadi mempunyai derajat yang tinggi di hadapan Tuhan.
Sekian yang bisa saya sampaikan untuk novel Lagu Untuk Renjana, intinya, saya suka sekali sama novel ini, ceritanya menarik dan wajib banget buat dibaca dikala santai. Jangan lupa kopi/teh/coklat panas, senja juga lagu Renjana dari Glenn Fredly yang akan membuat kamu semakin menikmati alur cerita yang dihadirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Simple Thing Called Love" by Anna Triana

Judul          : Simple Thing Called Love Penulis       : Anna Triana Penerbit      : Elex Media Komputindo ISBN          : 978 - 602 - 0...